Rabu, 26 Februari 2014

Berbagi Ilmu Melalui Study Club 2014


Study Club merupakan salah satu program kerja HIMA AKSI yang sudah cukup lama berjalan. Program kerja ini pada awalnya didedikasikan hanya untuk mahasiswa baru Jurusan Akuntansi FE UM yang tidak mempunyai latar belakang Akuntansi. Beberapa mahasiswa Akuntansi FE UM memang terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan, ada beberapa yang memang berasal dari SMK Akuntansi, SMA IPS, namun bebrapa lainnya juga ada yang berasal dari SMA IPA bahkan SMK Teknologi dan Pariwisata.

Pada periode kepengurusan yang baru, study club tidak hanya ingin menjangkau mahasiswa Jurusan Akuntansi FE UM saja, namun HIMA AKSI juga menfasilitasi mahasiswa Fakultas Ekonomi UM yang berkeinginan mempelajari Akuntansi, terutama Pengantar Akuntansi I dan Pengantar Akuntansi II. “Program study club ini Kami dedikasikan untuk mahasiswa yang menempuh Pengantar Akuntansi II, tidak terbatas hanya pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi saja, namun untuk semua mahasiswa Fakultas Ekonomi UM yang merasa memerlukan bimbingan tambahan untuk mata kuliah Pengantar Akuntansi II,” ujar Chandra Ketua Umum HIMA AKSI  sekaligus salah satu tentor study club.

Study club mendapat sambutan positif dari mahasiswa baru akuntansi khususnya yang tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang akuntansi. “Wah, study club itu bermanfaat banget, kaya semacam les gratis gitu, terus berasa dapat mata kuliah Pengantar Akuntansi dua kal,” terang Septian salah seorang peserta study club. Pada periode kepengurusan yang baru ini, HIMA AKSI juga menfasilitasi mahasiswa non pengurus HIMA AKSI untuk ikut serta dalam study club sebagai tentor. Dengan demikian diharapkan mahasiswa non pengurus HIMA AKSI dapat berpartisipasi aktif dalam program kerja HIMA AKSI, “Yah.. sebenarnya dengan mengikutsertakan mahsiswa non pengurus HIMA AKSI bisa nambah partisipasi si mahasiswa sama program kerjanya HIMA AKSI. Lagian seru kok acaranya, bisa nambah pengalaman mengajar juga loh. Kan lumayan sebagai calon guru,” jelas salah seorang mahasiswa yang tentor study club.

Namun sayangnya ada beberapa kendala dalam melaksanakan program kerja dari Departemen PSDA ini, jumlah peserta study club tergolong masih rendah. “Iya, sebenernya acaranya baguss, tapi sayangnya partisipasi mahasiswanya kurang,” lanjut Septian. “Iya, kadang sulit juga mengatur jadwal kuliah dengan study club­-nya, sering bentrok,” terang peserta study club lainnya.

Program kerja study club ini diharapakan mampu menfasilitasi mahasiswa Fakultas Ekonomi UM pada umumnya dan Jurusan Akuntansi FE UM pada khususnya dalam mempelajari mata kuliah Pengantar Akuntansi I dan Pengantar Akuntansi II. “Saya harap salah satu program kerja HIMA AKSI ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi UM,” lanjut Chandra.
hima.aksi.fe.um Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE UM

Satu Jiwa! Satu Aksi!

1 komentar: