Rabu, 27 Mei 2015

Visit Accounting (Kanwil DJP Jatim 1, IAI Surabaya, HM S1 Akuntansi UNAIR)



Visit Accounting adalah program kerja HMJ Akuntansi FE UM yang dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 15 Mei 2015.  Visit accounting memiliki tujuan untuk memperdalam pengetahuan mengenai akuntansi. Dalam kunjungan ini, ada tiga tempat yang menjadi objek pembelajaran. Visit Accounting pada periode ini memilih kota Surabaya untuk dikunjungi. 

Tujuan pertama yaitu Direktorat Jenderal Pajak atau yang sering disebut DJP Kanwil Jawa Timur 1 yang berada di kota Surabaya. Kunjungan HMJ Akuntansi diterima dengan begitu hangat di sana. Tema materi yang diambil adalah “Lebih Dekat Dengan Pajak”. Dalam kunjungan pertama itu, banyak ilmu yang didapat terutama berkaitan dengan perpajakan. Materi yang diberikan sangat jelas dan dapat diterima dengan baik oleh peserta. Berbeda dengan materi perpajakan yang diterima saat perkuliahan, ilmu yang diberikan karena pemateri merupakan seorang praktisi yang secara langsung melakukan profesinya dalam bidang perpajakan. Selain ilmu yang bermanfaat ada banyak sekali souvenir  yang diberikan oleh DJP Kanwil Jatim 1. Di akhir pertemuan, disampaikan pula bahwa DJP Kanwil 1 Jawa Timur juga menerima mahasiswa yang ingin magang maupun bimbingan skripsi tanpa dipungut biaya.





Kunjungan yang kedua yaitu IAI Muda Jawa Timur yang bertempat di Jl. Ngagel Kota Surabaya. Bukan kali pertama kami mengadakan pertemuan dengan Komisariat IAI Muda Jawa Timur, tapi yang berbeda adalah pematerinya yaitu Bapak Sigit Kurnianto yang notabene adalah Executive Manager IAI Wilayah Jawa Timur. Ilmu yang diberikan berkaitan dengan profesi akuntan terlebih dalam menghadapi MEA 2015. Banyak sekali persiapan yang dilakukan oleh IAI untuk mempersiapkan akuntan-akuntan professional yang berdaya saing global. Beberapa standar yang harus ditempuh agar menjadi akuntan yang berdaya saing diujikan dalam bentuk tes dengan beberapa kriteria. Dalam dunia akuntansi, banyak sekali jenis profesi yang dapat diambil seperti akuntansi pemerintah, akuntansi pajak, akuntansi syariah, dsb. Profesi akuntan adalah sebuah profesi yang sangat menjanjikan karena hampir seluruh entitas membutuhkan tenaga akuntan sedangkan penyedia jasa akuntansi yang berkompeten jumlahnya sangat sedikit. Oleh karena itu IAI Wilayah Jawa Timur memberikan fasilitas bagi mereka yang ingin bergabung dalam komisariat IAI Muda Jawa Timur dan mempersiapkan akuntan berdaya saing global.






Kunjungan terakhir yaitu ke Universitas Airlangga Surabaya yang tepatnya di kampus B. Di sana HMJ Akuntansi FE UM bertemu dengan HMA UNAIR untuk saling berbagi dan sharing mengenai program kerja dari masing-masing organisasi. Ada beberapa perbedaan baik dalam jenis program kerja maupun pembagian tugas masing-masing anggota. Adapun beberapa program kerja yang diadakan oleh HMA UNAIR yaitu yang berasal dari divisi entrepreneur yang meliputi bank soal, cathering, clothing, dsb. Selain itu beberapa program kerja HMA UNAIR juga memiliki kesamaan dengan HMJ Akuntansi FE UM berkaitan dengan olimpiade internal dan olimpiade akuntansi nasional. Hal yang menarik dari beberapa program kerja yang dikemukakan oleh HMA UNAIR adalah program yang membantu para mahasiswa yang memiliki masalah dalam perkuliahan bahkan hamper D.O. atau Drop Out. HMA UNAIR memberikan pembekalan kepada mahasiswa tersebut dan memberikan motivasi agar mahasiswa dapat melanjutkan perkuliahan kembali dan menyelesaikan masalah yang ada. 





hima.aksi.fe.um Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE UM

Satu Jiwa! Satu Aksi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar